Tuesday, October 11, 2011

PERANGKAT KERAS PADA JARINGAN

1. Modem Dial-up (Internal/Eksternal)/Cable Modem/Modem ADSL

Penemu Modem adalah  Dennis C. Hayes.
Modulator demodulator (modem) berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan Internet.
Secara fisik, modem dial-up dibagi dua, yaitu modem internal yang dipasang di dalam komputer pada slot ekspansi yang tersedia dan modem eksternal yang dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial.
Kecepatan modem dihitung dalam Kbps (kilobit per second).
Selain modem dial-up terdapat pula modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line). Modem ini memiliki kecepatan yang tinggi. Dalam mengakses internet, ADSL dapat menggunakan line telepon. Untuk jenis cable modem menggunakan line TV kabel. Pendaftaran untuk akses internet dengan cable modem menggunakan MAC Address (Media Access Control Address).
Kecepatan modem dial-up bervariasi antara 300 bps hingga 56 Kbps, tetapi umumnya berkisar antara 14,4 hingga 56,6 Kbps.
Dalam aliran data internet, terdapat istilah yang disebut denga upstream dan downstream. Upstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain melalui sebuah network, sedangkan downstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network.

2. Network Interface Card (NIC)
NIC yang disebut juga kartu antarmuka jaringan merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer.
a. Ethernet card
Penemu Ethernet Card adalah  Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Komputer yang belum mempunyai port untuk LAN dapat menggunakan ethernet card yang dipasangkan pada slot ekspansi. Kartu jaringan ethernet ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial ataupun twisted pair. Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan RJ-45 untuk kabel twisted pair.


b. Localtalk connector (konektor localtalk)
Penemu Localtalk connector adalah Steve Jobs.
Kartu jaringan localtalk digunakan untuk komputer Macintosh. Kartu jaringan ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port printer. Localtalk memiliki kekurangan dalam kecepatan transfer data. Localtalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 0,23 Mbps.

3. Hub/ Konsentrator
Penemu Hub adalah Robert Metcalfe pada tahun 1980.
Hub berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya, seperti kabel modem.
Hub terdiri dari beberapa port atau slot konektor yang telah mempunyai nomor urut.
Hub dibagi menjadi 2 jenis yaitu hub aktif dan hub pasif. Hub yang beredar di pasaran mulai dari hub port 8, 12, 24, dan 32 dengan konektor RJ-45. Biasanya, hub digunakan untuk topologi star.





4. Kabel
Kabel berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuan atau spesifikasi yang berbeda. Pada umumnya, ada dua jenis atau dua tipe kabel yang digunakan untuk jaringan, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) serta kabel koaksial yang terdiri dari thick coaxial dan thin coaxial.

Thin coaxial 
 
                                                 UTP

 


STP






Thick Coaxial






5. Konektor
Penemu konektor adalah Paul Neill dari Bell Labs.
Konektor yang digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ-45 dengan kabel twisted pair dan konektor BNC dengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dari 8 pin.




6. Router
Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan Internet dalam merutekan transmisi antara keduanya.
Kelebihan router adalah kemampuan mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengetahui keseluruhan jaringan dengan mencari sisi yang paling sibuk dan juga mampu menarik data dari sisi yang paling sibuk tersebut sampai sisi itu bersih (tidak sibuk lagi). Router dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua buah protokol, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optik, kabel koaksial, dan kabel twisted pair.

7. Repeater
Repeater adalah sebuah stasiun untuk menerima sinyal yang masuk dan mengirimnya kembali pada frekuensi yang berbeda.
Tujuan utama repeater adalah memperluas jangkauan operasi dari stasiun bergerak, atau stasiun di daerah rendah atau di daerah terpencil di mana komunikasi simplex biasanya tidak mungkin. Juga dapat digunakan sebagai channel kontak panggilan sebelum beralih ke frekuensi simpleks.
Repeater juga sangat berguna untuk komunikasi darurat.
Repeater bisa dihubungkan secara seri supaya lebih jauh dan lebih luas jangkauannya. Sambungan serial ini dapat dibuat dengan link pemancar dan penerima dipasang pada repeater. Hal ini juga dapat dilakukan melalui telepon atau koneksi internet.
Kebanyakan repeater menggunakan FM dan dirancang untuk voice operation, akan tetapi ada juga repeater untuk mode lain seperti radio paket, SSTV dan ATV. Ada juga repeater terkini yang menggunakan modus suara.
Repeater bands
1. 10 Metre Repeaters
repeater 10meter(band) dapat digunakan tidak hanya lokal tetapi juga nasional dan cakupan luar negeri . Ada empat channel repeater yang disepakati secara internasional antara 29,5 dan 29,7 MHz.

2. 6 Metre Repeaters
Pada band 6 meter, repeater, menyediakan cakupan lokal tetapi kontak antara negara-negara juga cukup umum terjadi selama aktivitas matahari tinggi. Ada 18 channel repeater, dalam band dengan frekuensi output mulai dari 53,550 MHz.

3. 2 Metre Repeaters
2 meter adalah band utama untuk kegiatan repeater. Ada 16 channel antara 146,625 dan 147,000 MHz, dan 15 channel di atas 147 MHz.

4. 70 cm Repeaters
70 cm(band) adalah band repeater untuk kegiatan penting lainnya. Memiliki total 58 channel dengan frekuensi output antara 438-440 MHz dan 5 MHz dengan input yang lebih rendah.

5. 23 cm Repeaters
Ada juga repeater di 23 cm(band), dengan 39 channel yang tersedia. Dalam band ini ditransmisikan antara 1273-1274 MHz dengan frekuensi input pada 1294-1293 MHz.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment